Menteng Square Tower, A, lantai 3, AO - 07. Jl. Matraman No. 30 E, Jakarta Pusat

+62-021-3913656
+62-021-3913656

Kalimantan Selatan dan Tengah

Sejarah

 PDSRI Cabang XVII Kalimantan Selatan dan Tengah merupakan salah satu cabang baru di lingkungan PDSRI. Cabang ini terbentuk berawal dari pembicaraan informal yang berlanjut pada pertemuan tanggal 23 Nopember 2012 Jam 15.00 Wita hari Jumat, bertempat di Hotel Mercure yang dihadiri 7 orang dokter spesialis radiologi yang ada di wilayah Kalimantan Selatan, yaitu dr. Luthfy Mahatma Hadi, Sp. Rad., dr. Arlavinda Asmara Lubis, Sp. Rad., dr. Lilis Setyawati, Sp. Rad., dr. Mashuri., Sp. Rad., M. Kes., dr. Suryanto Lauw, Sp. Rad.,dan dr. Johannes, Sp. Rad, dan dr. Sigit Riatno, Sp. Rad. Pada pertemuan tersebut disepakati akan dibentuk cabang Perhimpunan Dokter Spesialis Radiologi Indonesia (PDSRI) untuk wilayah Kalimantan Selatan karena secara kuantitas jumlah dokter spesialis radiologi sudah memenuhi syarat minimal untuk pembentukan cabang yaitu sesuai AD/ART PDSRI sebanyak minimal 10 orang, dan dicapai kesepakatan bahwa sebagai pengurus pertama ditetapkan:

  • Ketua
    dr. Luthfy Mahatma Hadi, Sp.Rad
  • Wakil Ketua
    dr. Suryanto Lauw, Sp.Rad
  • Sekretaris
    dr. Mashuri, Sp.Rad.,M.Kes
  • Bendahara
    dr. Lilis Setyawati Sp.Rad

 Pengurus diharapkan dapat menyelesaikan kelengkapan perangkat organisasi dan mempersiapkan AD/ART organisasi yang diperlukan untuk berjalannya organisasi dan segera mengadakan pertemuan berikutnya untuk melengkapi kepengurusan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Setelah tahap ini, komunikasi terus dibangun dengan PDSRI pusat. Keberadaan PDSRI cabang mendapat respon positif melalui Surat PDSRI Pusat No 35/Sek.PDSRI/IV/2013 tentang tanggapan mengenai pembentukan cabang baru pada tanggal 18 April 2013 yang ditandatangani Ketua Umum PDSRI saat itu Dr. Bambang Budyatmoko, Sp. Rad(K) dan Sekretaris Umum Dr. Rahmad Mulyadi, Sp. Rad(K) yang memberikan izin pembentukan PDSRI Cabang dan pengesahan akan dilakukan melalui kongres.

 Sebagai tindak lanjut surat dari PDSRI Pusat tersebut, pada tanggal 23 April 2013 hari Sabtu tepat 6 bulan setelah pertemuan pertama, diadakan rapat anggota dengan mengundang 11 orang dokter spesialis radiologi yang ada saat itu. Pertemuan diadakan di Aula Direktur RS Anshari Saleh Banjarmasin dan dari 11 orang dokter spesialis radiologi yang ada di wilayah Kalimantan Selatan, berhadir 8 orang yaitu dr. Luthfy Mahatma Hadi, Sp.Rad, dr. Johanes Suhardiman, Sp.Rad, dr. Lilis Setyawati, Sp.Rad, dr. Tjanty Permata, Sp.Rad, dr. Suryanto L, Sp.Rad, dr. Mashuri, Sp.Rad.,M.Kes, dr. Sigit,Sp.Rad, dan dr. Mansyur, Sp.Rad, yang mengambil beberapa keputusan yaitu penetapan AD/ART organisasi cabang PDSRI, pembentukan PDSRI Cabang Kalimantan Selatan dan menetapkan pengurus PDSRI Cabang Kalimantan Selatan, dan diberikan mandat untuk melengkapi segala persyaratan sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan oleh PDSRI pusat. Pada kesempatan ini juga disepakati struktur kepengurusan terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris Umum, dan Bendahara, serta Bidang-bidang terdiri Bidang Organisasi dan pembelaan anggota, Bidang Ilmiah dan publikasi, serta Pengabdian masyarakat.

 Pada tanggal 30 Nopember 2013 hari Sabtu diadakan rapat seluruh anggota PDSRI cabang Kalimantan Selatan di aula gedung IGD terpadu lt.4 RSUD Ulin Banjarmasin, salah satu poin penting pertemuan ini adalah adanya keinginan dari sejawat dokter spesialis radiologi yang berasal dari propinsi tetangga yaitu Propinsi Kalimantan Tengah untuk bergabung dalam satu wadah PDSRI cabang. Akhirnya, disepakati untuk menerima keberadaan teman sejawat yang berada di wilayah propinsi tersebut untuk bergabung dalam PDSRI Cabang Kalimantan Selatan sehingga diputuskan untuk penyebutan/penulisan cabang menjadi PDSRI cabang Kalselteng (Kalimantan Selatan dan Tengah) untuk diusulkan pada Konggres Nasional ke-12 PDSRI di makasar. Dengan demikian, ada penambahan jumlah anggota selain yang berasal dari Kalsel juga dari Kalteng menjadi 15 orang dokter spesialis radiologi (12 orang di wilayah Kalsel dan 3 orang di Kalteng).

 PDSRI Cabang XVII Kalimantan Selatan dan Tengah akhirnya diterima dan disahkan sebagai cabang baru PDSRI berdasarkan hasil Konggres Nasional PDSRI XII yang diselenggarakan di Makasar 20-22 Nopember 2014 sebagai PDSRI Cabang XVII Kalimantan Selatan-Tengah (Kalselteng).

 

Pengurus

Pengurus Inti PDSRI Cabang XVII dibentuk dengan Surat Keputusan Ketua Umum PDSRI Pusat dan Pengurus Lengkap dibentuk dengan pengangkatan Ketua-Ketua Bidang dengan Surat Keputusan Ketua Umum.

Berikut nama-nama pengurus PDSRI Cabang XVII Kalselteng.

  1. Ketua Umum
    dr. Luthfy Mahatma Hadi, SpRad(KRI)
  2. Wakil Ketua
    dr. Surianto Lauw, Sp.Rad
  3. Sekretaris
    dr. Mashuri, Sp.Rad(KRI)., M.Kes
  4. Bendahara
    dr. Lilis Setyawati, SpRad
  5. Bidang-bidang
    1. Bidang Organisasi dan Pembelaan Anggota
      Arlavinda AL, Sp.Rad
      Denny Muda Perdana, Sp.Rad
      Sigit Riatno, Sp.Rad

    2. Bidang Ilmiah dan Publikasi
      Winda Marelyn, Sp.Rad
      Tutik Tri Lestari, Sp.Rad

    3. Bidang Pengabdian Masyarakat
      Uusara, Sp.Rad
      Mansyur AR, Sp.Rad
      Harkani, M. Kes.,Sp.Rad

    4. Bidang P2KB

      1. Ketua
        dr. Luthfy Mahatma Hadi, SpRad

      2. Sekretaris
        dr. Lilis Setyawati, SpRad

      3. Anggota
        dr. Mashuri, Sp.Rad.M.Kes
        dr. Uusara Sp.Rad

 

Anggota

Hingga saat laporan ini dibuat, PDSRI Cabang XVII Kalselteng memiliki 32 anggota yang terdiri dari 21 orang di wilayah propinsi Kalsel, dan 11 orang di wilayah provinsi Kalteng, seluruh anggota terdistribusi ke Kabupaten/Kota di wilayah propinsi masing-masing.

Berikut nama-nama anggota PDSRI Cabang XVII Kalselteng.

Wlayah Propinsi Kalimantan Selatan:

  1. dr. T.Siagian, SpRad (Kota Banjarmasin)
  2. dr. Johannes Suhardiman, SpRad (Kota Banjarmasin)
  3. dr. Luthfy Mahatma Hadi, SpRad (Kota Banjarmasin)
  4. dr. Arlavinda AL, SpRad (Kota Banjarmasin)
  5. dr. Lilis Setyawati, SpRad (Kota Banjarmasin)
  6. dr. Surianto Lauw, SpRad (Kabupaten Banjar/Martapura)
  7. dr. Mashuri, Sp.Rad.,M.Kes (Kota Banjarmasin)
  8. dr. Sigit Riatno, SpRad (Kabupaten HSS/Barabai)
  9. dr. Mansyur AR, SpRad (Kota Banjarmasin)
  10. dr. Ramlah, Sp.Rad (Kabupaten Kotabaru)
  11. dr. Harkani, M. Kes, SpRad (Kabuoaten HST/Barabai)
  12. dr. Tutik Tri Lestari, SpRad (Kabupaten HSS/Kandangan)
  13. dr. Deasy Rony Nayoan, SpRad (Kabupaten Tabalong/Tanjung)
  14. dr. Mayla Yahya, SpRad (Kota Banjarmasin)
  15. dr. Risda Fitriani, SpRad (Kabupaten Batola/Marabahan)
  16. dr. Erni Rafiqah, SpRad (Kabupaten HSS/Kandangan)
  17. dr. M. Rizal Hanafiah, SpRad (Kota Banjarbaru)
  18. dr. Rahmad Rizky Aprial, SpRad (Kabupaten Tanah Laut/Pleihari)
  19. dr. Indri Haryuni, SpRad (Kota Banjarmasin)
  20. dr. Tyas Ilhamy, SpRad (Kabuaten Tanah Laut/Pleihari)

 

Kalimantan Tengah:

  1. dr. Uusara, Sp.Rad (Kota Palangkaraya)
  2. dr. Denny Muda Perdana, Sp.Rad (Kabupaten Kotawaringin Timur/Sampit)
  3. dr. Novi Noferdina, Sp.Rad (Kabupaten Barito Selatan/Buntok)
  4. dr. Winda Marelyn, Sp.Rad (Kota Palangkaraya)
  5. dr. Dewi Elfrida, Sp.Rad (Kabupaten Katingan/Kasongan)
  6. dr. Betty Sihombing, Sp.Rad (Kabupaten Barito Utara/Muara Teweh)
  7. dr. Endang, Sp.Rad (Kabupaten Kotawaringin Timur/Sampit)
  8. dr. Rianti Riana Sari, Sp.Rad (Kabupaten Kotawaringin Barat/Pangkalan Bun)
  9. dr. Waitsun Ginting, Sp.Rad (Kabupaten Murung Raya/Puruk Cahu)
  10. dr. Vonny Tjandra, Sp.Rad (Kabupaten Barito Utara/Muara Teweh)
  11. dr. Muhammad Novyan, Sp. Rad (Kabupaten Barito Timur/Tamiang Layang)

 

Kegiatan

PDSRI cabang XVII Kalselteng telah mengadakan beberapa kegiatan ilmiah yang bertujuan untuk peningkatan keilmuan dan skill di bidang radiologi terutama untuk seluruh anggota cabang. Kegiatan diselenggarakan 2 kali dalam setahun.

Selama periode kepengurusan ini, PDSRI Cabang XVII mengadakan kegiatan-kegiatan sebagai berikut:

  1. Workshop USG Doppler tanggal 13 Desember 2014   di Hotel Mercure Banjarmasin, peserta seluruh anggota PDSRI Cabang XVII
  2. Workshop dan Seminar CT/MR Neuroradiology, Neurovascular, dan Coronary CT Angiography tanggal 24 Mei 2015 di Hotel Mercure Banjarmasin, peserta seluruh anggota PDSRI Cabang XVII dan dokter spesialis lainnya di wilayah Kalimantan
  3. Seminar dan Workshop Radiologi Intervensi dalam rangka PITke-4 PSRII bekerjasama dengan PDSRI dan PSRII tanggal 2-3 Oktober 2015 di Hotel Golden Tulip Banjarmasin
  4. RTD Contrast Media tanggal 02 April 2016 di Hotel Mercure Banjarmasin, peserta seluruh anggota PDSRI Cabang XVII
  5. Workshop dan Seminar Radiologi Intervensi & Toraks Imaging, tanggal 14-15 Oktober 2016 di Hotel Mercure Emerald Room Banjarmasin, peserta seluruh anggota PDSRI Cabang XVII dan dokter spesialis lainnya
  6. Seminar Musculoskeletal & Brain – Spine MR low field examination, tanggal 4 Maret 2017 dengan international speakers from Singapore Hospitals (Ravi Padmanabahn MD) di Mercure Hotel Banjarmasin.
  7. Seminar dan Workshop CT dan MR Brain, MS, dan Abdomen, tanggal 12 Agustus 2017 di Hotel Mercure Banjarmasin, peserta seluruh dokter spesialis di Kalimantan
  8. Rapat Kerja (Pra Konggres PDSRI) Desember 2018, seluruh anggota PDSRI

 

Kesekretariatan

Alamat
Departemen/KSM Radiologi RSUD Ulin/FK ULM Banjarmasin.
Jl. Jendral A Yani km 2 Nomor 43 Kota Banjarmasin
Propinsi Kalimantan Selatan